Minggu, 01 Maret 2009

Menimbang Beberapa Potensi Dasar Lampung

Harry Warganegara

Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, alumnus City University of New York
Source: lampost Kamis, 25 September 2008

Lampung dahulu terkenal sebagai kota dagang dan penghasil hasil bumi yang terkenal tidak hanya di kawasan Nusantara tetapi sampai peringkat global. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan O.W. Wolters dalam disertasi doktornya di University of London yang berjudul Early Indonesian Commerce: A Study of Origins of Srivijaya tahun 1967. Dia menjelaskan dalam disertasi tersebut, dahulu sekali diperkirakan kurun waktu abad ke-4 sampai ke-6 terdapat sebuah kerajaan di tenggara Pulau Sumatera yang kelak dikenal sebagai Kerajaan Tulangbawang.

Kerajaan Tulangbawang merupakan salah satu dari tiga kerajaan besar di Pulau Sumatera pada masa itu yang tercatat secara aktif mengadakan kontak dagang dengan Kekaisaran China. Pada bagian lanjutan, seakan tidak mau melupakan romantisme masa lalu, pihak kolonial Belanda misalkan pada abad ke-19 sampai awal abad ke-20 menjadikan Port Menggala salah satu pusat perdagangan di rantau Sumatera.

Pada abad ke-19 dan ke-20, kopi dan lada lampung menjadi primadona dunia. Bayangkan saja, dengan minus infrastruktur dan kondisi sebagai tanah jajahan kolonial Belanda, nama Lampung dikenal dunia sebagai salah satu produsen kopi dan lada dunia.

Bagi saya, romatisme masa lalu menjadi hal yang penting untuk diingat bukan untuk berbesar hati, akan tetapi diambil hikmah sebagai cermin memompa semangat ke-Lampung-an bagi membawa kembali negeri di ujung Pulau Swarnadwipa sebagai salah satu pusat kecenderungan di Indonesia.

Dengan melihat potensi besar SDM (sumber daya manusia) maupun potensi SDA (sumber daya alam) yang dimiliki Lampung hari ini, sebenarnya provinsi ini layak menjadi sebuah provinsi makmur dan percontohan di Pulau Sumatera. Terdapat empat hal potensial Lampung dan merupakan aset yang belum dimanfaatkan maksimal.

Pertama, memaksimalkan potensi wisata budaya dan ecotourism. Sebagai daerah yang dinamis dan multietnik, Lampung sebenarnya mempunyai potensi besar untuk dapat "menjual" keberagaman etnik tersebut. Sebagai contoh para wisatawan tidak perlu ke Bali jika hanya menikmati budaya masyarakat Bali, cukup dua jam dari Bandar Lampung ke arah Raman Utara di sana terdapat profiling komunitas masyarakat Bali di provinsi ini.

Dalam konteks budaya Lampung sendiri, misalkan, pembagian secara adat antara Pepadun dan Saibatin juga kemudian melahirkan corak budaya tersendiri. Perbedaan inipun sebenarnya sebuah potensi wisata budaya yang luar biasa, yang dapat diangkat menjadi aset daerah.
Pada bagian lain, misalkan, potensi ecotourism juga merupakan bagian lain dari potensi wisata di provinsi ini yang dapat dimanfaatkan. Banyak sekali pulau persinggahan, pantai, gunung, sungai, bukit, dan ngarai yang indah dan layak diangkat sebagai aset potensi wisata.

Kedua, memaksimalkan potensi pelabuhan Bakauheni. Tidak banyak provinsi di Indonesia yang mempunyai entry port dan salah satunya adalah Provinsi Lampung.
Selayaknya perlu tangan-tangan profesional untuk memaksimalkan potensi pelabuhan Bakauheni tersebut, bagaimana mengalihkan sedikit peran Pelabuhan Tanjungpriok yang sudah crowded menjadi milik Pelabuhan Bakauheni.

Ketiga, memaksimalkan potensi biomassa. Pencarian energi alternatif menjadi tema global hari ini. Kenaikan harga minyak bumi telah mengguncang perekonomian global, tidak hanya negara-negara miskin akan tetapi negara adidaya Amerika Serikat saja mengalami resesi.
Ke depan, negara-negara yang menguasai sumber energi akan menjadi pusat kecenderungan dunia. Lampung, menurut data angka yang tersedia, mempunyai potensi biomassa yang begitu besar dan masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

Keempat, memaksimalkan potensi coorporate social responsibility (CSR) sebagai sebuah pola kemitraan antara perusahaan profit oriented dengan masyarakat. Banyak perusahaan besar di provinsi ini, perusahaan yang bergerak di bidang pembenihan udang, gula sampai tapioka.
Semua perusahaan tersebut adalah perusahaan besar di Indonesia yang secara etika bisnis terikat dengan CSR. Pada bagian ini sebenarnya pemerintah daerah dapat mengambil peran melakukan link and match terhadap potensi dana-dana CSR tersebut, terutama sekali bagaimana menjembatani pemanfaatan dana-dana CSR sampai ke masyarakat.

Untuk menunjang potensi-potensi tersebut, penting juga bagi pemerintah daerah melakukan terobosan-terobosan mendesain kawasan-kawasan percepatan pertumbuhan ekonomi. Sebagai contoh, apa yang dilakukan Provinsi Riau dengan membuka kawasan segitiga ekonomi yang dikenal dengan istilah Sijori (Singapura, Johor, dan Riau).

Dengan merancang kawasan berikat seperti Sijori, eskalasi pertumbuhan ekonomi Riau dapat dipacu. Lampung dapat mencontoh apa yang dilakukan Provinsi Riau, dengan mewujudkan kawasan berikat Singapura, Johor, dan Lampung. Ke depan, peluang investasi di Lampung semakin berwarna.

Akhirnya membentuk secara simultan model pemerintahan yang kreatif dan inovatif menjadi sangat penting. Ke depan, pemerintahan lokal yang baik adalah pemerintahan yang efektif dan efisien memanfaatkan sumber daya (resources), "cerdas" mendapatkan investasi serta mampu secara bertahap meminalisasi ketergantungan secara simultan terhadap subsidi pemerintah pusat.

1 komentar:


  1. yth :pemilik blog
    izin bagi-bagi info agan
    Mencoba lebih baik dari pada diam. saya yang sudah bergabung di perusahaan okeyprofits.com mengajak anda untuk bergabung dan ikut serta merasakan keuntungan hanya dalam 100 hari. jangan biarkan uang anda diam dan malah berkurang tapi jalankan uang anda 2 x lipat untung 100 hari. minimal deposit 10 usd. Example
    anda deposit 100 usd bonus 20% maka menjadi 120 usd yang akan kami kirimkan, 1 usd x 10 rb ke pusat kalau melalui saya x 9 rb. modal 100 usd itu akan menjadi 200 usd dalam 100 hari. kalau mau ditukar ke rupiah tukar langsung ke pusat atau ke sponsor (sesuai syarat dan ketentuan perusahaan) maka rupiah akan di kirimkan ke bank pribadi anda. bank apapun itu kita akan kirimkan. kepercayaan anda adalah tanggung jawab kami.
    my info 082166643133
    Gabung menjadi referral saya. Bonus Tambah saldo Deposit 20% Untuk Modal Penyertaan min: 100 USD untuk anda
    Referensi Pendaftaran

    Referensi Blog

    Aplikasi Paling Keren

    BalasHapus